fungsi cold storage adalah

Tips Merawat Cold Storage Supaya Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

36 views

Ruang pendingin atau juga biasa disebut sebagai “cold storage” adalah alat yang mempunyai peran dan kegunaan sangat penting. Fungsi utama dari cold storage adalah menyimpan produk-produk yang membutuhkan temperatur suhu tertentu, sesuai kebutuhan masing-masing.

Baik itu daging, ikan, buah, sayur, atau produk lain yang butuh pembekuan atau pendinginan.

Tujuan dari pendinginan produk tersebut adalah mengurangi mikroba atau aktivitas enzim sampai menjaga kualitas produk dan menghambat terjadinya kerusakan. Sehingga, produk bisa bertahan lebih lama tanpa khawatir kualitasnya menurun dan rusak.

Bagi Anda yang belum begitu paham dengan cold storage, maka bisa membayangkan ini sebagai lemari pendingin berukuran besar.

Sama seperti kulkas, ruangan tadi harus dipastikan mempunyai kondisi tertutup rapat agar tidak ada udara keluar masuk. Selanjutnya, untuk mempertahankan temperatur suhunya dalam kondisi rendah dibutuhkan refrigeration atau sebuah alat pendinginan.

Tips Merawat Cold Storage yang Penting Diperhatikan

Jika melihat bagaimana pentingnya peran mesin pendingin, sehingga Anda membutuhkan metode perawatan yang baik dan benar. Walaupun tetap berpotensi mengalami kerusakan, Anda bisa melakukan service cold storage dengan kerusakan ringan dan biaya lebih rendah.

Beda lagi ceritanya apabila Anda tidak melakukan perawatan, maka kerusakan fatal membuat biaya perbaikan semakin melambung tinggi.

Nah, dibawah ini adalah sejumlah tips merawat cold storage atau mesin pendingin.

Membersihkan Kondensor

Kondensor adalah salah satu komponen pokok, sehingga membutuhkan perhatian lebih dalam menjaga kebersihannya. Dianjurkan supaya Anda menggunakan kuas ketika membersihkan kondensor, supaya semua debu yang menempel dapat dihilangkan dengan baik.

Bicara soal waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan, satu bulan sekali dirasa sudah cukup ideal. Apabila terdapat fan pada kondensor, bersihkan minimal sekali dalam 6 bulan dan beri pelumas di motor fan kondensor.

Kebersihan kondensor berpengaruh pada proses pendingingan. Ketika kondensor dalam keadaan kotor, maka proses pendinginan menjadi lebih lama dan kebutuhan daya listriknya lebih besar.

Pada akhirnya, bisa merusak unit kompresor.

Membersihkan Evaporator

Bagian evaporator hanya bisa dibersihkan menggunakan sikat atau kuas. Apabila terdapat banyak bunga es pada evaporator, pertama-tama Anda harus mematikan mesinnya.

Langkah ini berguna untuk mencairkan bunga es dan mempermudah ketika Anda ingin membersihkan bagian evaporator. Hindari penggunaan benda tajam untuk membersihkan evaporator, karena bisa menyebabkan kerusakan.

Baca Juga: Macam-Macam Cold Storage dan Fungsinya

Evaporator harus dibersihkan, mengingat ia berpengaruh pada jalannya proses pendinginan. Evaporator yang kotor menghambat proses pendinginan, bahkan jika sampai parah bisa membuat pendinginan sama sekali tidak berjalan.

Mengecek Elektrikal

Untuk poin ketiga ini, Anda membutuhkan bantuan penyedia service cold storage. Sebab, komponen elektrikal berhubungan dengan kelistrikan pada mesin pendingin.

Pertama-tama, dilakukan pengecekan terhadap kekencangan setiap sambungan kabel. Kabel dipastikan tidak kendor yang dapat memicu percikan api, panas, bahkan kebakaran.

Kemudian cek bagian tegangan dan amperenya, pastikan performa mesin masih diambang batas tegangan dan ampere sesuai kebutuhan mesin. Untuk mengetahuinya Anda bisa melihat secara rinci di plat kompresor.

Tidak kalah penting diperhatikan, Anda dilarang keras memasukkan produk bersuhu panas ke dalam cold storage. Tunggu dahulu sampai suhunya normal, baru disimpan di mesin pendingin. 

Dengan mengikuti aturan yang sudah disediakan, maka cold storage yang Anda miliki bisa lebih awet.

Demikianlah pembahasan tentang tips merawat cold storage dengan benar, semoga bisa memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *