perbedaan income dan revenue

Perbedaan Income dan Revenue, Ini Yang Harus Anda Pahami

131 views

Income dan revenue merupakan dua istilah keuangan yang sering dianggap sama, padahal masing-masing memiliki pengertian berbeda. Apabila Anda sekarang sedang menekuni dunia investasi atau menjadi pengusaha pemula, maka penting memahami perbedaan income dan revenue. Dengan demikian bisa menentukan strategi yang tepat dan menghasilkan keuntungan maksimal.

Memang betul, income dan revenue mempunyai makna yang sedikit mirip sekaligus terdengar sama. Daripada semakin bingung, bagaimana kalau langsung disimak uraian lengkapnya berikut.

Pengertian Income

Dalam bahasa Indonesia, Income bisa diartikan sebagai keuntungan atau pendapatan. Menurut konteks keuangan, income cenderung mengacu kepada keuntungan bersih.

Biasa disebut keuntungan bersih karena jumlahnya mewakili seluruh uang tunai yang tersisa dari total pendapatan asli, sesudah memperhitungkan pendapatan tambahan dan seluruh biaya.

Biaya yang dimaksud disini meliputi biaya operasional seperti gaji, sewa tempat, utilitas, bunga atas hutang, pajak, biaya penyusutan dan amortisasi, diaya darurat (semisal tuntutan hukum), sekaligus biaya pokok penjualan.

Sementara itu, pendapatan tambahan biasa berasal dari sejumlah pendapatan yang mencakup bunga atas investasi ataupun dana dari penjualan aset fisik atau aset tidak berwujud, seperti obligasi dan peralatan.

Pengertian Revenue

Revenue terdiri dari jumlah keseluruhan uang tunai yang dihasilkan lewat penjualan jasa atau produk, kemudian menjadi tindakan operasional yang utama bagi usaha. Revenue biasa muncul di bagian teratas dari laporan keuntungan usaha.

Hasil revenue yang dituliskan biasa juga dikurangi oleh diskon atau retur yang ada. Bisa juga dikatakan, revenue adalah untung bersih yang diperoleh pemilik bisnis dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai contoh, apabila Anda mempunyai usaha jualan sepatu. Maka revenue berasal dari total penjualan sepatu selama 1 bulan (bisa juga berubah sesuai kebutuhan pebisnis). Apabila selama penjualan memberi diskon, maka bisa mengurangkan hitungan jumlah penjualan dengan total diskon yang diberikan kepada konsumen.

Dalam beberapa kasus, seringkali sejumlah usaha mempunyai sumber pendapatan yang lain. Bisa dari penjualan aset ataupun investasi. Nah, dana tersebut bukan terhitung sebagai revenue karena tidak berasal dari kegiatan operasional utama usaha.

Perbedaan Income dan Revenue

Bisa disimpulkan bahwa income adalah keuntungan bersih setelah dikurangi berbagai biaya, sedangkan revenue adalah total pendapatan dari penjualan suatu bisnis.

Baiklah, cukup sekian dahulu sedikit pembahasan mengenai perbedaan income dan revenue. Semoga uraian singkat diatas bisa bermanfaat untuk Anda.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *