Catat! 4 Negara ini Tawarkan Biaya Pendidikan yang Terjangkau

53 views

Menempuh pendidikan di universitas tentu menjadi impian banyak pelajar. Untuk itu, para orang tua biasanya akan mempersiakan dana pendidikan untuk buah hati mereka, bahkan jauh sebelum mereka menginjakkan kaki di universitas. Dana pendidikan biasanya disimpan di bank demi keamanan. Bank BRI sering dipilih untuk berbagai jenis tabungan.

negara di luar negeri biaya kuliah murah

Nah, beberapa pelajar memimpikan untuk berkuliah di luar negeri. Sudah saatnya para orang tua mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. Di luar itu, para orang tua juga mesti tahu di mana anaknya akan berkuliah dan berapa biaya pendidikan di universitas tersebut. Di bawah ini, ada informasi universitas dari beberapa negara dengan biaya pendidikan yang terjangkau.

Deretan Negara Dengan Biaya Kuliah Terjangkau

1. Jerman

Sudah tau kalau negara ini memiliki biaya pendidikan yang terjangkau? Hal ini karena Jerman memiliki banyak pilihan beasiswa untuk para mahasiswanya. Beberapa universitas mungkin masih memungut biaya, namun besaran yang harus dibayar masih jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah di beberapa universitas bergengsi yang terkemuka. Hal ini arena pemerintah Jerman memang mengalokasikan dana khusus untuk pendidikan.

Meski biaya kuliah terbilang murah, namun biaya hidup di Jerman cukup mahal. Jika kamu berencana kuliah di sana, jangan segan untuk mengambil kerja paruh waktu, ya!

Tiga universitas terbaik di Jerman:

  • Freie Universität Berlin

Freie Universität Berlin merupakan institusi pendidikan tinggi nirlama yang dibangun pada tahun 1948 dan berlokasi di pinggiran kota Berlin.

Diakui/terakreditasi secara resmi oleh Senatsverwaltung für Bildung, Jugend und Wissenschaft (Senat Departemen Pendidikan, Pemuda dan Sains), FUB atau Freie Universität Berlin merupakan kampus besar yang menawarkan sejumlah program gelar untuk berbagai macam studi, seperti doktrorat/S3, master/S2, dan bachelor/S1.

FUB menerima mahasiswa dari berbagai negara di dunia dan memiliki fasilitas komplit. Sebut saja perpustakaan, olahraga, kesempatan pertukaran mahasiswa dan studi ke luar negeri, kuliah jarak jauh dan program-program online.

  • Ludwig Maximilians University (LMU) Munich

LMU merupakan institusi pendidikan tinggi yang sudah berumur lebih dari 540 tahun, berdiri tahun 1472 dan terletak di München, Bavaria.

Artikel Pendidikan Lainnya: Rekomendasi Universitas Terbaik di Asia 2020

Diakui/terakreditasi secara resmi oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Budaya, Sains dan Seni Bavaria. LMU menawarkan program gelar yang lengkap kepada mahasiswanya untuk berbagai macam studi. Baik itu doktorat/S3, master/S2 dan bachelor/S1.

Universitas akan menerima setiap mahasiswa yang sukses melewati tahap ujian masuk. Disini cukup banyak lho mahasiswa internasionalnya. Beberapa fasilitas yang diberikan antara lain pertukaran mahasiswa, kesempatan belajar di luar negeri, fasilitas olahraga dan perpustakaan.

  • Technical University of Munich

Technische Universität München atau TUM merupakan institusi pendidikan tinggi nirlama di pinggiran München, Bavaria. Kampus yang dibangun tahun 1868 ini mempunyai cabang di daerah Garching, Freising.

Diakui/terakreditasi secara resmi oleh badan Kementerian Pendidikan dan Budaya, Sains dan Seni Bavaria. TUM adalah universitas berskala besar yang menghadirkan beberapa program gelar, baik itu doktorat/S3, master/S2, dan bachelor/S1. Dengan berbagai macam pilihan bidang studi. TUM juga menawarga sejumlah kualifikasi persiapan kuliah seperti diploma, sertifikat, foundation atau associate degree.

TUM adalah salah satu kampus favorit bagi mahasiswa internasional. Disana kamu bisa menemukan fasilitas, seperti akomodasi, perpustakaan, beasiswa/bantuan keuangan, program online, pertukaran mahasiswa, dan kuliah jarak jauh.

2. Spanyol

Meski masih jarang yang mengincar negara ini sebagai tujuan pendidikan, namun Spanyol juga menawarkan biaya kuliah yang tidak terlalu mahal. Untuk biaya hidup sendiri, tidak jauh dengan negara di Eropa lainnya. Jadi, bagaimana pintarnya kamu mengatur uang di sana.

Beberapa Universitas terbaik di Spanyol:

  • Universitat Autonoma de Barcelona

Ini adalah salah satu kampus ternama di Spanyol yang dibangun pada tahun 1968 dan menempati posisi ke-177 di peringkat terbaik dunia. Universitat Autónoma de Barcelona mempunyai dua bidang utama, yaitu pengetahuan dan inovasi. Seiring berjalannya waktu, perkembangan universitas satu ini tergolong sangat pesat.

Tujuan dari pendiri Universitat Autónoma de Barcelona adalah membangun 4 prinsip ekonomi yang terdiri dari:

  • Kebebasan memilih staf pengajar
  • Kesempatan masuk untuk seluruh siswa (jumlahnya terbatas)
  • Kebebasan menyusun rencana studi sendiri
  • Kebebasan administrasi universitas

Dari segi penelitian dan kualitas pengajaran, kampus ini masuk ke dalam jajaran lembaga pendidikan terbaik di Uni Eropa dan Spanyol. Visinya adalah mencetak profesional dengan kriteria profil yang dibutuhkan masyarakat, sekaligus berkontribusi kepada masyarakat lewat penelitian-penelitian ilmiah.

  • University of Barcelona

University of Barcelona atau yang biasa disebut UB adalah universitas swasta di kota Barcelona, dengan usia sangat tua karena sudah berdiri sejak 1450. Tercatat, sekitar 63 ribu mahasiswa yang berkuliah disana dan terbagi ke dalam 18 fakultas.

UB menjadi pusat penelitian berbagai universitas di Spanyol, sekaligus patokan bagi negara-negara di Eropa dari segi penelitian. Terdapat 75 program gelar S1, 96 program S3 dan 353 program S2.

  • Universidad Autonoma de Madrid

Ingin merasakan hidup di kota yang terkenal dengan nuansa antusiasme dan semangat Eropa? Kalau begitu, menempuh kuliah di Universidad Autonoma de Madrid bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kampus ini menjadi salah satu referensi dan patokan bagi penelitian Spanyol. Di urutan terbaik dunia, Universidad Autonoma de Madrid atau UAM berada di posisi ke 200.

UAM menjaga hubungan baik dan bekerjasama dengan berbagai lembaga, kota, partai dan bisnis. Karena mempunyai koneksi dengan sejumlah universitas internasional, ini akan membuka peluang bagi mahasiswa untuk ikut serta program pertukaran pelajar.

3.  Turki

Turki nggak melulu dikenal karena tujuan wisatanya. Banyak universitas di Turki yang juga dilirik para mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi. Kamu bisa menyiapkan dana sebesar 4-15 juta rupiah per tahunnya. Beberapa universitas di Turki dengan biaya kuliah murah adalah:

  • Bahcesehir University

Ini merupakan universitas swasta di kota Istanbul, Turki. Bagi mahasiswa yang sedang berencana menempuh pendidikan tingkat lanjut di Turki, maka Bahcesehir University layak menjadi salah satu pilihannya.

Selain di kota Istanbul, kampus ini juga ada di Kanada, Jerman, Amerika, Italia dan sebagainya. Calon mahasiswa bisa mengambil program S1, S2 dan S3 di berbagai jurusan.

  • Selcuk University

Universitas Selcuk dibangun pada tahun 1975 dan merupakan salah satu kampus populer di Turki. Mengutip laman urapcenter.org, Universitas Selcuk menduduki peringkat 902 di peringkat dunia dan 13 teratas Turki, versi URAP (University Ranking by Academic Performance).

Universitas Selcuk terdiri dari 1 konservatori negara, 22 sekolah kejuruan, 6 institut, 21 fakultas dan 6 sekolah. Memiliki 38.115 sarjana, 26.178 diploma, 9.519 master, dengan total 73.812 siswa. Adapun 1.032 siswa asing berasal dari 86 negara.

  • Middle East Technical University (METU)

METU adalah salah satu kampus ternama dan bergengsi di Turki, yang populer dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar utamanya. Universitar ini terdiri dari 2 sekolah tinggi, 5 institut dan 5 fakultas.

Setiap tahunnya, tercatat ada calon mahasiswa yang berasal dari 94 negara. Sekitar 1.700 mahasiswa asing masih menjalankan kuliah di METU.

Berdasarkan data dari Times Higher Education  , pada tahun 2014, METU menjadi satu-satunya universitas di Turki yang berhasil masuk ke daftar 100 terbaik di dunia. METU bertengger di posisi ke 85.

4. Rusia

Pendidikan tinggi di Rusia relatif terjangkau karena biaya masuknya yang murah. Kisarannya hanya 5-17 juta per tahun. Selain biayanya yang ramah di kantong, pemerintah Rusia juga menyediakan beasiswa dan pertukaran pelajar bagi masyarakat dunia yang ingin mempelajari budaya Rusia. 

Beberapa universitas di Rusia dengan biaya kuliah terjangkau adalah Kemerovo State University, Volgograd State Socio – Pedagogical University, Belgorod State University of Art and Culture.

Meski masih banyak orang yang mengincar universitas bergengsi terkemuka seperti monash university dan beberapa universitas lainnya, namun empat daftar negara di atas bisa jadi referensi untuk kamu yang sedang berencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Galeri untuk Catat! 4 Negara ini Tawarkan Biaya Pendidikan yang Terjangkau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *