7 Material Untuk Pembuatan Spanduk yang Populer Saat Ini

18 views

Dalam industri percetakan dan digital printing, perkembangan zaman ikut memberi andil dalam pembuatan spanduk. Jika dahulu spanduk hanya bisa dibuat menggunakan kain, maka berbeda dengan sekarang. Pilihan material sebagai bahan pembuatan spanduk semakin beragam.

bahan material spanduk

Sekarang, Anda bisa menjumpai berbagai macam bahan untuk pembuatan spanduk yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan masing-masing.

Penasaran dengan bahan-bahan untuk membuat spanduk? Bisa Anda simak melalui uraian ringkas berikut.

Beragam Material Untuk Membuat Spanduk yang Populer

Poly A

Material kain Poly A memiliki konstruksi 50 x 46. Hadir dengan lebar sekitar 96 cm dan ada pula 120 cm. Harga kain Poly A lebih terjangkau dibandingkan bahan spanduk TC. Sehingga, bahan spanduk satu ini cocok digunakan untuk even-even jangka pendek.

Ini mengingat harganya yang terjangkau dan penggunaannya tidak untuk jangka panjang.

Bahan Spanduk Poly B

Kain Poly B hadir dengan konstruksi 50 x 34 cm dengan lebar 96 cm serta 120 cm. Jenis bahan untuk pembuatan spandek ini lebih cocok untuk penggunaan di acara-acara berjangka pendek, karena dibanderol dengan harga lebih murah jika dibandingkan material spanduk lain.

TC 1

KainTC merupakan jenis kain yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan sablon spanduk. Berkat perkembangan digital printing, saat ini dengan tinta sublim memungkinkan desain spanduk di transfer ke bahan TC dan menghasilkan kualitas sempurna.

Simak Juga: Website Membuat Logo Online Gratis dan Mudah

Media ini memakai komposisi 60/40 melalui dua pilihan ukuran. Yakni ukuran 90 cm dan ukuran 115 cm.

Bahan Spanduk TC 2

Sedikit informasi mengenai kain TC. Kain TC merupakan sebuah merek kain yang terbuat dari material cotton dan polyster. TC adalah singkatan dari tetoron cotton.

Sejauh ini, sebagian besar tempat jasa cetak spanduk di Jakarta Timur maupun kota lain lebih memilih kain TC sebagai bahan dasar pembuatan spanduk karena harganya cukup beraing. Tidak membutuhkan modal yang besar untuk membuat spanduk berbahan TC.

Bahan Spanduk Flexi Korea

Jika melihat dari segi kualitasnya, bahan spanduk satu ini menawarkan tekstur lebih halus sehingga mampu menghasilkan kualitas cetakan tinggi. Karena memiliki ketebalan cukup baik, membuat material Flexi Korea cocok dijadikan media promosi secara outdoor. Seperti spanduk, banner, dan baliho.

Bahan spanduk Flexi Korea hadir dengan gramasi sekitar 250-400 gram. Selain dimanfaatkan untuk keperluan cetak spanduk, Flexi Korea juga bisa menjadi bahan untuk mencetak Y Banner, Mini X Banner, X Banner, Backwall/Backdrop, dan Roll Up Banner.  

Flexi China

Flexi China adalah bahan pembuatan spanduk yang bersifat kasar dan agak tipis, akan tetapi didalamnya mengandung serat. Material ini biasa digunakan untuk keperluan mencetak spanduk outdoor.

Tingkat gramasi Flexi China bervariasi, akan tetapi di industri percetakan banyak yang memanfaatkan 340 gram, 260 gram, dan 280 gram.

Untuk penggunaan indoor, Flexi China memiliki tingkat kekuatan yang bagus. Karena tidak terpapar sinar matahari dan air hujan. Hal itu berbanding terbalik ketika Anda memakainya untuk luar ruangan. Tingkat ketahanan Flexi China semakin berkurang, bahannya menjadi mudah retak dan sobek, sekaligus tintanya memudar.

Lagi-lagi, faktor harga yang ekonomis membuat peminat Flexi China masih cukup banyak. Itulah alasan mengapa bahan ini lebih sering dipakai untuk media promosi indoor, seperti Y Banner, X Banner, dan Roll Up Banner.

Flexi Jerman

Berbeda dari dua Flexi sebelumnya, kali ini Flexi Jerman hadir dengan ketebalan baik dan cocok untuk iklan media outdoor. Semisal spanduk dan baliho. Bisa juga untuk media periklanan indoor, x banner misalnya.

Gramasi Flexi Jerman berkisar antara 230 – 400 gram.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai enam material untuk membuat spanduk yang populer.

Galeri untuk 7 Material Untuk Pembuatan Spanduk yang Populer Saat Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *