Manfaat Madu Klanceng, Madu Asam Dengan Kandungan Luar Biasa

191 views

Setiap lebah memproduksi jenis madu yang berbeda, antara satu dan lainnya. Salah satunya adalah madu klanceng, sebuah madu yang diproduksi oleh lebah bukan penyengat. Dengan demikian, cita rasa pada madu klanceng berbeda dibandingkan madu pada umumnya.

manfaat madu klanceng

Madu klanceng adalah madu yang diperoleh dari lebah tidak memiliki sengat, spesies Trigona ( Trigona clypearis dan Trigona sapiens ). Lebah tersebut bertahan hidup bukan dengan menyengat, melainkann menggingit.

Sedangkan madu yang biasa ditemukan di tengah-tengah masyarakat adalah madu yang berasal dari lebah penyengat. Spesies A (Apis cerana, Apis meliafera, Apis dorsata, dan lain sebagainya.

Mau kenalan lebih jauh dengan madu klanceng? Simak uraiannya di bawah.

Perbedaan Antara Madu Klanceng dan Madu Lainnya

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Walaupun tidak sepopuler madu lain, budidaya madu klanceng ternyata mempunyai sisi ekonomis yang cukup menggiurkan bagi peternaknya. Sebab, harga madu klanceng jauh lebih tinggi dibandingkan madu-madu pada umumnya.

Lebah klanceng menghasilkan madu yang tidak begitu berlimpah, sehingga stoknya bisa dibilang limited. Setiap 3 bulan, lebah klanceng hanya menghasilkan 100 – 200 ml madu saja.

Kendati demikian, jumlah masyarakat yang berminat dengan lebah klenceng cukup banyak. Lebahnya sendiri relatif mudah untuk dibudidayakan. Dalam mempertahankan sarangnya, lebah klenceng tidak begitu agresif.

Sehingga risiko menggigit manusia lebih rendah.

  • Rasa Lebih Asam

Madu identik dengan citarasanya yang manis, begitupun dengan madu klanceng. Hanya saja, madu klanceng memiliki rasa sedikit lebih asam. Pasalnya, kadar keasaman pada madu ini sekitar 3,05 – 4, 55.

Dibandingkan madu biasa, tekstur madu klanceng lebih encer. Itu berarti, kadar airnya jauh lebih banyak. Sekitar 30-35%. Dari segi fisik, warna madu klanceng terlihat cokelat amber.

Bukan hanya madu, lebah klanceng juga memiliki produk lain berupa propolis dan bee pollen yang biasa dijadikan produk kesehatan karena mengandung manfaat bagus untuk manusia.

Bee pollen merupakan butiran tepungsari bunga jantan, itu adalah makanan ekstra bagi lebah. Sementara itu, propolis merupakan lem lebah yang berguna untuk melindungi sarah dari ancaman predator.

Beragam Kandungan Nutrisi dan Manfaat Madu Klanceng

Madu klanceng memang memiliki sedikit perbedaan dengan madu pada umumnya. Namun, dari segi khasiat sama-sama beragam. Berikut uraian selengkapnya:

  • Antioksidan

Madu klanceng mengandung senyawa antioksidan bernama serumen, 4-hydroxyphenylacetic acid, dan protacatechuic acid (PCA). PCA adalah antioksidan kuat yang sudah terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka.

  • Antibakteri

Khasiat madu klanceng berikutnya ini datang berkat kandungan flavonoid, hidrogen peroksida, peptida antibakterial, dan senyawa fenolik. Sejumlah penelitian mejelaskan jika mengonsumsi madu klanceng bisa meyembuhkan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri B. Subtilis, E. Coli, M. Luteus, P. Syringae, B. Brevis, dan B. Megaterium.

Fungsi lain dari Hidrogen Perokside adalah merangsang pembentukan sitokin, yaitu respon tubuh yang bertujuan membunuh bakteri jahat. Hidrogen peroksida bisa menarik leukosit menuju daerah luka dan bisa juga menstimulasi limfosit T, limfosit B, dan neutrofil demi melawan bakteri.

  • Antiperadangan

Kandungan lain yang ada pada madu klanceng adalah senyawa fenolik. Ia berfungsi untuk melawan proses peradangan yang ada di dalam tubuh. Fungsi satu ini mirip reaksi antioksidan yang bisa mencegah stres oksidatif pemicu berbagai masalah kesehatan serius. Sebut saja kanker dan tumor.

Selain dikonsumsi apa adanya, Anda juga bisa lho menjadikannya sebagai campuran minuman kesehatan pengganti gula.

Demikianlah ulasan ringkas mengenai manfaat madu klanceng, semoga bisa memberi referensi untuk Anda.

Galeri untuk Manfaat Madu Klanceng, Madu Asam Dengan Kandungan Luar Biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *