4 Jenis Pintu Rumah yang Umum Digunakan Oleh Masyarakat

27 views

Pintu adalah komponen paling depan di setiap bangunan. Keberadaan pintu sangatlah penting, karena ia berfungsi sebagai pengaman rumah, sekaligus memperlihatkan karakter suatu bangunan. Seiring perkembangan waktu, semakin banyak jenis pintu rumah yang dijual di pasaran.

jenis pintu rumah yang biasa digunakan oleh masyarakat

Pada dasarnya, pintu adalah jalan keluar dan masuk utama ke dalam bangunan. Namun sekarang fungsinya semakin kompleks, yaitu sebagai penghias desain interior rumah agar semakin menarik. Kalau begitu langsung saja disimak pembahasan lengkap di bawah ini.

Berbagai Jenis Pintu Rumah yang Dijual di Pasaran

Pintu Kayu

Pintu kayu adalah jenis pintu yang paling umum diaplikasikan di perumahan. Pintu berbahan dasar kayu cocok untuk semua tipe bangunan dan ruangan. Selain karena mudah ditemukan, sekarang ini juga semakin banyak pengerajin yang menghadirkan berbagai pilihan model pintu kayu.

Kayu adalah material yang mempunyai aneka finishing cantik dan terlihat lebih estetik. Kesan natural begitu terpancar dari pintu kayu, sehingga menambah kesan kenyamanan.

Pintu Panel

Pintu yang dibuat dari sejumlah komponen panel kayu seperti blockboard, MDF, dan sebagainya ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau dan desainnya fleksibel. Dengan kelebihan tadi, membuat rumah bertipe lama lebih memilih pintu panel dibandingkan jenis pintu lain.

Pintu panel bisa dikombinasikan dengan kaca.

Pintu Kaca

Pintu kaca biasa diterapkan di ruang tengah yang menuju ruang outdoor. Sebab, pintu yang terbuat dari kaca dinilai kurang maksimal dalam menghadirkan privasi dan memiliki durabilitas rendah. Jika Anda memutuskan untuk memilih pintu kaca, maka harus mau rutin melakukan perawatan supaya kebersihannya tetap terjaga.

Anda bisa saja mengaplikasikan pintu kaca sebagai pintu utama, namun dengan catatan memakai jenis kaca sandblast supaya privasi di dalam rumah tetap terjaga.

Pintu Baja

Baja adalah material yang memiliki karakteristik tahan lama dan kuat, sehingga sangat efisien sebagai pengaman rumah Anda. Proses pemasangan pintu baja cukup mudah, sehingga tidak membutuhkan waktu lama.

Pintu baja sendiri memiliki desain yang beragam, anti rayap, dan lebih aman tentunya. Bisa menjadi pertimbangan utama ini.

Demikianlah ulasan singkat admin kali ini mengenai empat jenis pintu rumah, semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung memilih pintu. Bagusan yang mana menurut Anda?

Galeri untuk 4 Jenis Pintu Rumah yang Umum Digunakan Oleh Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *