3 Jenis Kayu yang Umum Dibuat Kusen Pintu dan Jendela, Pilihan Mana Terbaik?

33 views

Kayu adalah salah satu jenis bahan yang banyak dipakai sebagai bahan dasar beragam furniture rumah. Seperti pintu, daun jendela, kusen, kursi, dan lain sebagainya. Apakah Anda juga ingin memiliki perabotan berbahan kayu di rumah? Simak yuk tips memilih kusen kayu berikut ini.

jenis kayu untuk kusen dan pintu

Kayu masih menjadi primadona masyarakat karena menghadirkan sejumlah keunggulan menarik dari segi berat, keindahan serat, keawetan, kadar air, kekuatan, dan kerapatan. Wajar apabila berbagai macam furniture kayu selalu laris manis di pasaran.

Tips memilih kusen kayu pada pembahasan di bawah ini akan fokus mengulah beberapa jenis kayu, lengkap dengan ciri khas dan kelebihannya. Tanpa banyak basa-basi, langsung saja disimak.

Beberapa Jenis Kayu yang Biasa Dibuat Kusen

Kayu Jati

Selama ini, kayu jati dinilai sebagai jenis kayu yang memiliki tekstur dan serat paling indah. Karakteristik dari kayu jati adalah kuat, stabil dan mampu bertahan lama. Itulah alasan mengapa kayu jati cocok banget dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kusen.

Jati termasuk kayu di tingkat kelas awet I, II dan juga kelas kuat I, II. Pasti semua orang sudah mengetahui, bahawasannya kayu jati terbukti tahan terhadap serangan rayap, jamur, dan serangga jenis lainnya.

Ini terjadi berkat kandungan minyak di dalam kayu jati. Masih belum ada kayu lain yang mampu bersaing dengan kayu jati, baik dari segi penampilan dan kualitasnya. Untuk harga kayu jati sendiri, tingkat kemahalan dipengaruhi beberapa faktor.

Seperti ukuran, asal dan kriteria batasan kualitas kayu (mata sehat, goreng, mata hati dan ada putih).  Di pasaran sudah ada banyak yang jual kusen pintu dan jendela kayu jati. Anda bisa membelinya dengan harga yang bervariatif.

Kayu Kamper

Kayu kamper adalah jenis kayu yang sudah sejak dahulu menjadi alternatif pembuatan kusen di range harga lebih terjangkau. Betul sekali, harga kayu kamper tidak semahal kayu jati. Bisa menjadi alternatif jika memang budget Anda tidak terlalu banyak.

Meski tidak sekuat dan seawet kayu jati, kayu kamper mempunyai serat kayu indah dan halus. Sehingga membuatnya kerap kali menjadi bahan pembuatan jendela dan pintu panil.

Dengan tingkat kekerasan yang lebih rendah dibandingkan kayu bangkirai dan kayu jati, kamper cenderung berubah. Kayu jenis ini banyak ditemui di daerah hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan. Salah satu pemasok kayu kamper terbaik adalah Kota Samarinda. 

Kayu kamper yang berasal dari Samarinda dinilai memiliki serat halus daripada daerah lain.

Kayu Meranti Merah

Jenis kayu yang biasa dijadikan kusen pintu dan jendela adalah kayu meranti merah. Ini merupakan jenis kayu keras, dengan warna merah muda tua, namun ada pula yang merah muda pucat. Sebenarnya kayu meranti merah kurang cocok dipilih sebagai bahan pembuatan kusen.

Sebab, kayu meranti bertekstur kurang halus dan ia kurang tahan terhadap cuaca. Sama seperti kayu kamper, kayu tipe ini juga banyak tumbuh di Kalimantan. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai tiga jenis kayu yang paling umum dijadikan kusen rumah, baik itu kusen pintu ataupun kusen jendela. Menurut Anda, mana ini yang paling cocok untuk dipilih? Apapun pilihannya, pastikan sesuai kebutuhan masing-masing.

Merasa kurang yakin dengan kusen kayu karena khawatir mudah lapuk dimakan rayap? Tenang saja, karena sekarang sudah ada jasa anti rayap. Ini merupakan solusi terbaik untuk berbagai macam furniture rumah berbahan dasar kayu.

Dengan teknik dan formula khusus, perabotan kayu di rumah Anda menjadi lebih awet. Karena tidak takut cepat dimakan rayap.  

Galeri untuk 3 Jenis Kayu yang Umum Dibuat Kusen Pintu dan Jendela, Pilihan Mana Terbaik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *