jenis jenis mangga

4 Jenis Mangga Paling Populer dan Bercitarasa Lezat di Indonesia

297 views

Mangga adalah salah satu tanaman marga Mangifera yang sangat populer di seluruh dunia. Mangga terdiri dari sekitar 35 – 50 varietas. Daerah pertama yang ditemukan mangga adalah perbatasan Burma dan India. Pohon mangga termasuk jenis tumbuhan berkayu dan secara umum mampu tumbuh sampai 5 meter lebih. Ketika masih muda, daun pohon mangga berwarna kekuningan atau kemerahan. Begitu sudah tua, warnanya berubah menjadi hijau mengkilat.

Bagi Anda yang mengaku pecinta mangga, wajib hukumnya mengetahui apa saja jenis-jenis mangga. Simak ulasan lengkap berikut.

Jenis-Jenis Mangga yang Paling Populer dan Lezat di Indonesia

Mangga Alpukat

Mangga alpukat adalah jenis buah mangga yang tergolong baru, namun sudah mampu menjadi pilihan favorit banyak orang. Sesuai namanya, cara makan buah mangga satu ini mirip sekali dengan cara makan buah alpukat.

Anda tidak perlu repot, cukup membelah bagian tengah dan mengeruknya menggunakan sendok. Meski masih tergolong buah mangga lokal, akan tetapi mangga alpukat mempunyai kualitas bersaing dan tidak kalah dari mangga improt.

Mangga Arumanis

Dalam kurun waktu belakangan, mangga arumanis sedang menjadi idola masyarakat. Buah mangga satu ini adalah keluarga mangga lokal, kebanggaan warga Probolinggo, Jatim. Kualitasnya sangatlah oke punya.  

Mangga arumanis mempunyai keunggulan pada daging buah lebih tebal daripada mangga lain, sekaligus ukuran pelog (biji) relatif kecil. Bicara soal citarasa, mangga arumanis beraroma khas dan manis.

Mangga Chokanan

Bosan menunggu buah mangga yang hanya bisa panen satu tahun sekali? Kalau begitu, wajib mencoba mangga chokanan. Dalam kurun waktu setahun, ia bisa berbuah sebanyak 3 kali. Bagaimana, menarik sekali bukan?

Bentuk mangga chokanan adalah lonjong asimetris, meruncing di bagian ujung, ukurannya sedang dan bobot sekitar 300 – 400 gram per buah. Mangga chokanan bercitarasa legit dan manis, bahkan saing manisnya dijulusi mangga madu.

Mangga Emperor

Jika mangga lokal sudah menunjukkan pesonanya, sekarang mari beralih sejenak ke mangga import. Kali ini ada mangga emperor, varietas unggulan asal Taiwan. Siapapun yang melihat, pasti merasa tertarik dengan mangga emperor.

Pasalnya, mangga emperor berwarna merah menyala saat sudah matang. Daging buah berwarna orange kekuningan, dengan citarasa sangat manis, kandungan air melimpah dan bertekstur lembut.

Baiklah, mungkin cukup sekian dahulu pembahasan tentang empat jenis mangga paling populer di Indonesia. Semoga bermanfaat. Sebelum mencoba menanamnya, pastikan sudah mengetahui cara merawat buah-buahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *