4 Jenis Dinding Rumah yang Paling Banyak Diterapkan Masyarakat

27 views

Dinding adalah elemen bangunan yang berfungsi sebagai pemisah antara ruangan satu dengan ruang lainnya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat variasi dinding semakin beragam. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis dinding rumah.

jenis dinding rumah yang umum digunakan

Bagi sebuah bangunan, dinding juga berfungsi untuk meredam suara, sekaligus melindungi bagian dalam rumah dari segala gangguan. Mengingat keberadaannya yang sangat penting, Anda harus bijak ketika memilih jenis dinding rumah.

Daripada semakin penasaran, langsung saja disimak ulasan selengkapnya berikut.

Berbagai Jenis Dinding yang Umum Digunakan Masyarakat

Dinding Batu Bata

Inilah jenis dinding yang paling banyak diaplikasikan pada sebuah bangunan, mulai dari perumahan sederhana sampai gedung besar. Pasangan batu bata sukses memberi nilai seni tersendiri bagi dinding sebuah bangunan.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan dinding batu bata antara lain kedap air, tahan lama, dan jarang terjadi keretakan.

Batako Pres

Batako pres terbuat dari campuran pasir atau abu batu dan semen PC. Ada dua pilihan dalam pembuatan jenis dinding rumah satu ini, yaitu secara manual dan memakai mesin. Proses pembuatan memanfaatkan cetakan dipres maksimal, kemudian dibakar di tungku khusus bersuhu panas tinggi.

Sejumlah kelebihan batako pres antara lain kedap air, pemasangan lebih cepat, dan pemakaian rangka beton membuat pengakunya lebih luas.

Dinding Bata Kapur

Secara umum, ukuran dinding batu kapur adalah 8 cm x 17 cm x 30 cm. Jenis dinding rumah ke-tiga ini biasa diterapkan di perumahan pedesaan. Dinding batu kapur dibuat dari campuran kapur gunung dengan tanah liat.

Dinding Bata Celcon atau Hebel

Bata hebel dibuat menggunakan mesin pabrik. Dinding bata hebel merupakan bahan bangunan dengan mutu relatif tinggi. Menariknya, dinding bata celcon bisa tidak diplester dan cukup di aci. Sebab, permukaannya sudah rata dan relatif lebar.

Di samping itu semua, dalam praktk pemasangan seringkali ada sedikit bahan terbuang percuma. Bata ini cukup halus, berbobot ringan dan tingkat kerataan baik. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa jenis dinding yang paling umum digunakan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Galeri untuk 4 Jenis Dinding Rumah yang Paling Banyak Diterapkan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *