cara merawat pohon mangga

5 Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

50 views

Sudah tahu belum, bahwasannya pohon mangga harus disiksa agar bisa cepat berbuah. Ini merupakan jawaban sekaligus solusi bagi Anda yang memiliki pohon mangga di rumah, namun sangat jarang berbuah. Agar semakin produktif, silahkan simak dan pahami bagaimana cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah berikut. Hasil panen pasti sesuai yang diharapkan.

Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Pemangkasan

Pemangkasan menjadi langkah awal yang bisa membuat pohon mangga semakin produktif dalam berbuah. Anda perlu memangkas bagian ranting dan cabang yang sudah tidak produktif, terkena penyakit, ranting bersilangan dan tumbuh rapat.

Pemangkasan bertujuan untuk membuat pemakaian energi ketika proses fotosintesis menjadi lebih efisien, sehingga karbohidrat pada pohon mangga semakin meningkat. Tidak hanya itu, pemangkasan juga bisa meratakan sinar matahari.

Memberikan Asupan Nutrisi

Pohon mangga membutuhkan nutrisi berupa protein tinggi dan fosfor, untuk merangsang pembentukan bunga. Oleh sebab itu, cara merawat pohon mangga yang tidak boleh dilupakan adalah memberikan kedua nutrisi tadi.

Bisa didapat dari pupuk anorganik dan pupuk organik.

Penyiraman

Bagi Anda yang pohon mangganya baru berusia muda, sangat penting untuk melakukan penyiraman setiap minggu. Hal ini dilakukan karena akar masih belum terbentuk secara sempurna. Kecuali di kondisi cuaca musim hujan.

Penyiraman seminggu sekali dilakukan sampai pohon mangga umur 8 minggu. Jangan lupa, meletakkan pohon mangga dengan sinar matahari yang cukup.

Penyiksaan

Sudah disinggung sedikit diatas, agar lebih produktif pohon mangga perlu disiksa. Siksaan yang dimaksud disini adalah memberi luka atau sayatan di batang pohon mangga. Bertujuan untuk melambatkan proses distribusi hasil fotosintesis menuju akar. Sehingga, karbohidrat menumpuk pada bagian daun dan cabang.

Buatlah sayatan secara melingkar pada batang, berukuran kurang lebih 10-20 cm. Sayatan ini untuk mengeluarkan getah pohon sebanyak-banyaknya. Apabila sudah selesai disayat, silahkan kelupas batang sampai kambiumnya hilang.

Mengusir Hama

Hama adalah faktor utama yang bisa membuat pertumbuhan pohon mangga melambat. Khususnya saat musim penghujan, pohon mangga mudah sekali terkena hama. Anda bisa mengusirnya dengan fungisida dan insektisida.

Kemudian buang tangkai pada benalu dan gulma pohon mangga. Keduanya bisa membuat penyaluran nutrisi melambat.

Sudah paham belum dengan lima cara merawat pohon mangga atau budidaya mangga agar cepat berbuah diatas? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *