cara merawat buah-buahan

Cara Merawat Buah-Buahan Agar Berkembang Secara Optimal dan Cepat Berbuah

242 views

Sebenarnya, buah-buahan seperti jambu air, jeruk dan belimbing itu sangat mudah berbuah ketika ditanam di dalam pot. Di festival bibit atau pameran buah pasti sering melihat tanaman tersebut di lombakan. Tiga jenis buah-buahan tersebut dapat berbuah meski bukan musimnya berbuah.

Apabila Anda ingin menanam buah di dalam pot, sebaiknya pilih yang mempunyai ukuran diameter 40 cm. Ukuran tersebut dinilai sangatlah ideal. Mau tahu cara merawat buah-buahan yang lebih detail, simak pada pembahasan berikut.

Cara Merawat Buah-Buahan Supaya Cepat Berbuah dan Berkembang Optimal

Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana media tanam yang bagus. Sangat dianjurkan supaya mencampurkan tanah dengan pupuk kandang. Apabila tanah yang akan dipakai terlalu liat, ada baiknya mencampurnya dengan pasir supaya tingkat aerasi tanah menjadi lebih baik.

Bingung seperti apa mencampurnya? Silahkan mencoba menggunakan perbandingan pasir, pupuk kandang dan tanah 0,5:1:1.

Sekarang lanjut ke tinggi tanaman, ukuran yang paling ideal adalah 1 meter. Ukuran tersebut baru bisa dimodifikasi dan mempunyai tajuk berdiameter sekitar 70 cm. Usahakan seluruh organ yang tumbuh di tanaman harus kompak dan seragam.

Habiskan bagian dahan dan ranting-ranting pohon kecil, sisakan ranting berdiameter 1 cm. Biarkan ranting tersebut tumbuh. Dengan ukuran diameter 1 cm, ranting tersebut sudah bisa menahan bobot buah.

Sebagai patokan, pohon belimbing memiliki bobot buah 0,5-0,7 kg. Apabila ranting kecil, maka tidak bisa menahan bobot 0,5 -0,7 kg. Oleh sebab itu, usahakan supaya ranting yang dipelihara berukuran 1 cm.

Buah yang tumbuh pada tajuk memiliki beberapa perbedaan, mulai dari segi ukuran lebih besar dan rasa lebih manis. Selain itu, tanaman membutuhkan energi lebih banyak untuk menyagga buah dengan bobot besar.

Apabila semua persyaratan diatas sudah Anda penuhi, maka sekarang bisa merangsang buah. Persiapan pertama adalah melakukan pengeringan. Apabila berada di musim kemarau panjang, maka bisa skip cara ini.

Lakukan pengeringan selama 2 hari, sampai daun muda atau pucuk layu. Setelah proses pengeringan selesai, siram menggunakan larutan pupuk.

Demikianlah sedikit ulasan admin yang membahas cara merawat tanaman buah, semoga bermanfaat. Berlaku untuk semua jenis buah, seperti mangga, rambutan, jambu dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *