arti warna urine

Mulai dari Jernih hingga Pekat, Inilah Arti Warna Urine

108 views

Tubuh manusia telah dirancang untuk bisa menunjukkan gejala tertentu tanpa pemeriksaan tim medis. Salah satunya adalah dengan mengenali warna urine. Dari warna urine, sebenarnya bisa dengan mudah mengenali kondisi tubuh. Jika sudah diketahui maka akan lebih mudah untuk mengambil langkah penanganan.

Sayangnya masih banyak yang belum menyadari pentingnya paham warna urine. Selama ini urine hanya dianggap sebagai proses pembuangan dan tidak ada kaitannya dengan indikator kesehatan. Sebaiknya hindari untuk menyepelekan warna urin dan ketahui arti warnanya dari penjelasan berikut ini.

Jernih dan Bening

Warna urine atau air seni yang jernih dan bening sering dianggap tidak bermasalah. Sebenarnya memang tidak terlalu membahayakan tapi masih perlu tahu apa arti warna urine ini. Warna urin jernih menandakan seseorang kelebihan cairan. Akibat buruknya bisa menyebabkan tekanan darah rendah dengan cepat.

Kuning Terang

Warna urine yang kuning terang menandakan cairan dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, tubuh sedang sehat. Jika dalam kondisi ini, seseorang tidak perlu lagi asupan cairan. Mengonsumsi buah segar yang memiliki banyak kandungan air masih diperbolehkan asal tidak berlebihan.

Oranye Tua

Arti warna urine yang mengarak ke oranye tua adalah tubuh memerlukan sedikit lagi cairan. Sebaiknya segera minum 1-2 gelas air putih agar kebutuhan cairan kembali terpenuhi. Jangan kemudian tidak menghiraukannya karena bisa berakibat kekurangan cairan, menurunnya konsentrasi, kulit kering dan kelelahan.

Kecoklatan

Warna kecoklatan merupakan bentuk dari warna urine oranye yang lebih pekat serta berbau lebih kuat. Kondisi ini menandakan tubuh sedang dehidrasi. Ketika menemui tanda ini, sebaiknya segera minum air putih lebih banyak. Hingga urine kembali berwarna oranye tua dan itu artinya tubuh kembali dalam keadaan normal.

Gangguan paling umum yang paling bisa dilihat dari warna urine adalah tentang kecukupan cairan. Semakin terang dan jernih warna urine, maka semakin banyak cairan dalam tubuh. Sebaliknya, semakin pekat warna urin maka semakin kekurangan cairan. Jadi bekali diri dengan pengetahuan mengenai arti warna urine agar bisa mengenali gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *