Empat Amalan Rasulullah Sebelum Tidur yang Memberi Manfaat Besar

48 views

Nabi Muhammad SAW diutus ke dunia untuk menjadi teladan yang memberi petuntuk kepada umat Islam agar hidup sesuai kehendak ALLAH SWT. Setiap aspek kehidupan Rasulullah adalah akhlak yang mulia, sudah seharusnya kita contoh. Salah satunya adalah amalan Rasulullah sebelum tidur. Ada kebaikan-kebaikan yang bisa didapat ketika meniru kebiasaan baik Rasulullah.

amalan rasulullah sebelum tidur

Tanpa panjang lebar, mari disimak pembahasan selengkapnya berikut.

Beberapa Amalan Rasulullah Sebelum Tidur

Berwudhu

Sebelum tidur, nabi Muhammad SAW senantiasa wudhu seperti halnya sebelum shalat. Ada dua hikmah ketika Anda melakukan kebiasaan ini. Pertama, wudhu bisa menjaga kesucian diri selama tidur.

Kedua, tubuh merasa segar ketika bangun tidur. Salah satu gerakan wudhu adalah membasuh muka. Bukankah itu kebiasaan yang dianjurkan supaya muka terbebas dari tumpukan kotoran selama tidur. Bermanfaat juga ternyata untuk kecantikan wajah.

Tidur Menyamping ke Kanan

Menurut beberapa riwayat hadist, dijelaskan apabila Rasulullah tidur dengan berbaring ke sebelah kanan. Menurut pakar kesehatan, tidur mengarah ke samping kanan adalah posisi tidur sehat dan sangat dianjurkan. Sebab, bisa membantu melancarkan pernafasan dan proses detoks.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Senin Kamis yang Berdampak Positif Bagi Jiwa Muslim

Bagaimana dengan Anda selama ini, apakah sudah membiasakan berbaring ke samping kanan atau ke kiri?

Tidak Tengkurap

Masih berhubungan dengan posisi tidur, Rasulullah menganjurkan supaya kita tidak tidur tengkurap. Hal ini juga dibuktikan dari aspek kesehatan dan biologis. Kebiasaan tidur tengkurap sangat tidak dianjurkan, karena bisa menghambat kinerja organ pernafasan dan jantung.

Bahkan menurut HARI Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW menjelaskan apabila posisi tidur tengkurap dimukai oleh ALLAH SWT.

Tidur Segera Sehabis Isya

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika menerapkan amalan rasulullah sebelum tidur ini. Pertama, kita segera mungkin sholat isya. Kedua, waktu tidur malam jadi lebih panjang dan tidak khawatir kekurangan jam tidur.

Ketiga, kita bisa bangun di tengah malam untuk melaksanakan sholat tahajud. Itulah mengapa Rasulullah menyegerakan tidur sesudah isya. Karena memang ada banyak keutamaan yang bisa didapat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai empat amalan rasulullah sebelum tidur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Galeri untuk Empat Amalan Rasulullah Sebelum Tidur yang Memberi Manfaat Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *