tips memilih nama brand bisnis yang benar

4 Tips Memilih Nama Brand Yang Penting Diperhatikan, Wajib Tahu!

212 views

Brand adalah merek dari sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan. Sebelum membuka usaha atau bisnis, sudah menjadi kewajiban bagi pemiliknya untuk memikirkan nama brand. Dengan banyaknya pesaing yang menual produk serupa, wajar apabila menentukan nama brand bukanlah hal yang sederhana. Supaya tidak bingung, simak beberapa tips memilih nama brand berikut ini.

Tips Memilih Nama Brand Yang Penting Diperhatikan

Pastikan Nama Brand Unik dan Singkat

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menciptakan nama brand adalah memikirkan istilah unik dan singkat. Kedua unsur ini penting dimiliki oleh nama brand Anda, sebab mudah diingat oleh konsumen. Tidak kalah penting adalah pastikan nama brand tersebut belum pernah digunakan sebelumnya oleh pesaing.

Idealnya, nama brand tersusun dari satu sampai dua kata. Hindari penggunaan kata yang mengandung konotasi negatif, sebab tidak bagus untuk citra bisnis Anda.

Mudah Diucapkan dan Didengar

Setelah memikirkan nama brand yang bersifat pendek dan unik, sekarang giliran Anda mencerna kembali nama tersebut. Apakah nama brand yang akan dipilih mudah didengar orang lain atau tidak. Pastikan juga namanya mudah diucapkan.

Sebaiknya hindari penggunaan nama yang rumit atau sulit didengar, seperti nama dalam bahasa asing. Tidak hanya susah diucapkan, penulisan dan pelafalan huruf bahasa asing itu berbeda. Maka besar kemungkinan calon konsumen mudah lupa.

Bermakna Positif

Ingatlah, nama berarti doa yang mewakili brand tersebut kedepannya. Oleh sebab itu, memberikan nama brand yang mengandung makna positif sudah menjadi keharusan. Disisi lain, nama yang baik mampu mengangkat citra brand di benak masyarakat.

Jangan sampai nama yang unik dan singkat justru memiliki makna negatif. Hal seperti ini bisa mempengaruhi perkembangan bisnis kedepannya.  

Mewakili Produk 

Maksudnya adalah Anda memberikan nama yang identik dengan produk. Nama diharapkan bisa menyentuh hati target market. Sebagai contoh, produk yang dijual berupa kosmetik wanita. Maka nama brand yang cocok seperti Kencana Putri, Putri Ayu, Rias Jelita dan lain-lain.

Baiklah, cukup sampai disini dahulu pembahasan tentang empat tips memilih nama brand yang penting diperhatikan. Semoga bermanfaat buat Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *